Cara Merawat Ayam Bangkok

Posted on

Cara Merawat Ayam BangkokCara Merawat Ayam Bangkok

Cara Merawat Ayam Bangkok bisa di lakukan dengan baik dan benar. Dimana berikut ini adalah beberapa tips yang akan dibagikan secara singkat.

Ayam bangkok merupakan jenis unggas yang asalnya dari Thailand. Dimana unggas ini merupakan salah satu unggas  yang memiliki kualitas terbaik sebagai ayam petarung.

Unggas ini memiliki insting bertarung yang baik seperti pada ayam liar yang akan selalu berusaha segenap tenaganya dalam bertarung dengan hewan lain agar dapat mempertahankan wilayahnya.

Masyarakat Thailand berhasil membudidayakan unggas petarung ini sebagai unggas dengan pukulan yang mematikan. Dan Ayam ini di berikan julukan Kings Chicken, dengan gaya bertarung yang agresif dan juga lincah.

Ayam bangkok sering di cari karena memiliki kemungkinan dalam menjadi unggas petarung yang dapat menghasilkan keuntungan. Akan tetapi agar budi daya ayam bangkok dapat berjalan dengan baik, berikut ini akan kami berikan beberapa tips untuk cara merawat ayam bangkok yang baik dan juga benar sebagai petarung handal di arena sabung ayam.

Tips Memelihara Anak Ayam bangkok

Memilih Induk yang Berkualitas

Seperti pada budidaya hewan lainnya, pemilihan orang tua hean tersebut akan mempengaruhi kualitas unggas yang di hasilkan nantinya. Dimana hal ini menjadi salah satu faktor penting yang harus kalian ketahui sebelum memulai dan membeli bibit ayam bangkok yang baik.

Salah satu kriteria yang di perlukan dalam memilih induknya adalah memiliki kelincahan dan keaktifan, serta unggas indukan harus sehat. Oleh karena itu tidak boleh memilih ayam induk bangkok yang terlihat cacat atau memiliki penyakit.

Pentingnya pemilihan induk ini akan mempengaruhi kualitas anakan yang akan menjadi faktor baik buruknya ayam bangkok setelah dewasa.

Pembuatan / Memilih Kandang Yang Baik

Pada umumnya terdapat tiga bentuk kandang yang sering di pakai oleh pengadu dan peternak unggas . Dimana berikut ini adalah beberapa kriteria yang harus ada sebagai kandang ayam Bangkok berkualitas tinggi.

  • Tempat Kandang Ayam bangkok harus berada dari jarak kandang unggas lain sejauh 5 meter.
  • Medan Kandang ayam bangkok harus datar dan dekat pepohonan sebagai pelindung unggas dari cuaca yang berlebihan dan memberikan sirkulasi udara kepada ayam.
  • Memiliki jalan air yang lancar, karena jika terdapat sumbatan pada air yang menggenang, hal tersebut menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.
  • Memiliki rumput di sekitar kandang sebagai serat yang akan membantu pencernaan hewan tersebut menjadi lebih lancar. Dimana rumput dapat menjadi makanan cadangan bagi ayam.
  • Kandan harus memiliki akses matahari yang baik, dan di sarankan menghadap matahari agar hewan tersebut mendapat vitamin dari Matahari dan unggas tidak akan mudah terkena penyakit dari luar kandang.
  • Kandang harus dibatasi dengan pagar yang kuat, baik itu terbuat dari kawat, bambu, dan tembok batu bata.

Memilih Bentuk Kandang

Kandang yang di jadikan tempat tinggal ayam bangkok harus memiliki syarat seperti diatas. Dan untuk kandangnya terdapat berbagai bentuk yang di anjurkan sebagai berikut.

  • Kandang Umbaran

Merupakan kandang yang dapat di gunakan untuk hewan tersebut dalam berbagai kegiatan, yang dapat di gunakan unggas sebagai tempat kawin ayam. Selain itu kandang ini dapat di gunakan sebagai kandang anakan.

Pada umumnya kandang ini di buat dari kayu dengan bagian dasar terbuat dari tanah maupun campuran pasir. Dimana hal tersebut akan membantu pembentukan tulang dari kaki .

  • Kandang Postal

Merupakan kandang yang di peruntukkan untuk kandang anak ayam bangkok. Pada umumnya kandang ini cukup untuk 10 sampai 15 anakan ayam bangkok. Dindingnya terbuat dari kawat dan di beri penghangat berupa lampu bohlam.

Untuk bagian dasarnya harus di beri sekam padi, dimana sekam padi tersebut berfungsi sebagai penjaga kelembapan. Akan tetapi sekam padi tersebut harus di ganti secara rutin selama 3 hari sekali.

  • Kandang Tidur

Kandang ini khusus di pakai untuk unggas tidur pada malam hari.  Dimana kandang ini paling tidak harus setinggi 1.5 meter agar suhu tanah pada malam hari tidak mempengaruhi kesehatan ayam Bangkok.

Memberi Pakan Anak Ayam Bangkok Terbaik

Dalam merawat anak ayam bangkok, memberi pakan berkualitas adalah hal penting yang harus di lakukan.

Dimana anak ayam yang baru menetas hingga dua hari kedepan cukup di berikan air bersih. Sebab kebutuhan nutrisi anak unggas yang baru lahir masih di penuhi oleh kuning telur yang menempel pada ayam.

setelah umurnya melebihi 2 hari, maka dapat di berikan pakan pur dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Memberi Suplemen Berkualitas

Agar anak unggas berkembang dengan baik, pemberian pakan dengan racikan dari susu bubuk bayi dan juga pur ke anak ayam yang umurnya baru 1 bulan sampai 4 bulan sangatlah penting.

Dimana hal tersebut akan membantu anak ayam bangkok dalam pertumbuhan tulang, bulu, otot, dan juga bagian tubuh lain yang ada di anak unggas tersebut.

Mencabut Bulu Anak Ayam Yang Terlalu Lebat

Mencabut bulu pada anak ayam yang berusia 3 minggu sangatlah penting. Karena bulu yang terlalu lebat akan menjadi faktor pertumbuhan anak unggas .

Dimana gizi dan nutrisi yang di perlukank akan di serap juga oleh bulu. Hal ini dapat di lakukan dengan memotong bulu anak unggas  bangkok pada bagian sayap dan juga ekor.

Setelah anak ayam berusia 2 bulan, anda dapat mencabut bulu pada bagian punggung dan juga leher. Agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak hingga dewasa.

Baca juga : Manfaat Pakan Belut Sabung Ayam