Ciri Ayam Petarung Asal Filipina

Posted on

Ciri Ayam Petarung Asal FilipinaAyam Petarung Asal Filipina

Ciri Ayam Petarung Asal Filipina merupakan salah satu ayam petarung yang sering di pakai sebagai ayam petarung di kompetisi sabung ayam.

Dalam pertandingan sabung ayam di Filipina, Ayam – ayam yang di gunakan akan di tambahkan senjata berupa pisau yg di ikatkan di tajinya.

Dimana pisau taji yang di gunakan terbuat dari berbagai macam bahan. Dan ayam filipina yg di gunakan biasanya memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan gerakan – gerakan yg lincah. Kenapa unggas jenis ini sering di pakai di Filipina?.

Karena ayam Filipina terkenal dengan gaya bertarungnya yang pantang menyerah walaupun memiliki luka hingga berlumuran darah.

Sedangkan di Indonesia tersebiri, jenis unggas filipina ini sangat di cari karna kualitasnya yang telah di sebutkan sebelumnya. Jadi tidak mengherankan pengadu unggas atau pecinta sabung ayam mengeluarkan uang dari jutaan hingga puluhan juta rupiah demi mendapatkan petarung dari filipina ini.

Walaupun memiliki perbedaan yang cukup bear dengan jenis ayam bangkok dari Thailland yg lebih mengandalkan kekuatan dan teknik serangan. Ayam filipina ini sering di gunakan di Indonesia di pulau Bali, Jawa, Kalimantan, dan juga Sulawesi. Dimana jenis sabung unggas yang sering di mainkan menggunakan Unggas ini adalah sabung ayam pisau.

Dimana kaki unggas akan di ikat dengan pisau dan di adu hingga salah satu unggas mati di arena pertarungan.

Ciri Ayam Filipina Asli

Mengenai unggas dari filipina itu, di Indonesia sangat jarang orang yang menjual atau memiliki ayam petarung asal filipina ini. Dimana kebanyakan di Indonesia, ayam filipina yg di jual adalah hasil kawin silang dengan unggas lokal Indonesia.

Walaupun begitu, agar kalian bisa mendapatkan ayam filipina asli yang benar – benar murni dari filipina. Berikut ini dapat kalian ketahui untuk ciri – ciri unggas petarung filipina yg asli.

  • Postur Tubuh Ayam Filipina

Untuk ayam filipina asli, salah satu cirinya adalah memiliki badan yang lebih kecil dari unggas petarung lainnya. Dimana karena kecilnya tubuh yg di miliki petarung asal filipina ini, dia terkenal dengan gerakannya yang lincah dan cepat.

Kecepatan yang dimiliki oleh Ayam Filipina ini akan melakukan serangan yg cepat, dan pintar mengelak dari serangan – serangan lawan.

  • Serangan Petarung Filipina

Walaupun tubuhnya kecil, serangan yang di lontarkan oleh petarung filipina ini bisa di katakan cukup kuat untuk pertarungan sabung unggas taji pisau. Oleh karena itu, di arena sabung ayam biasa, unggas ini juga sering di bandingkan dengan kualitas unggas petarung lainnya seperti Ayam bangkok.

  • Mental Ayam Filipina

Untuk unggas yang ukurannya kecil, petarung filipina ini memiliki mental baja. Dimana dia akan terus bertarung walaupun telah berlimuran darah karena luka parah.

Dimana sering terlihat di pertarungan sabung unggas bahwa Unggas ini akan terus melawan walau sudah tidak bisa berdiri lagi.

Ciri Fisik Petarung Filipina

Bila kalian ingin membeli unggas petarung asal filipina ini. Bisa di lakukan dengan ciri – ciri yang mudah dilihat dari bentuk fisiknya sebagai berikut.

  • Kepala dan Leher

Ciri fisik yang dapat di lihat dengan mudah pada Unggas ini adalah pada bagian kepalanya yg berbentuk seperti buah pinan muda. Dimana untuk bagian leher terdapat ruas tulang yang rapat dan tidak cekung.

  • Mata Pertarung Filipina

Untuk Unggas ini, kalian dapat lihat dari bentuk dan juga pandangan matanya. Dimana jika dilhat dari matanya, akank terlihat terang. Dan hal tersebut merupakan salah satu ciri dimana ayam filipina petarung tersebut cerdik dalam mencari kesempatan untuk memuikul lawan.

  • Postur Tubuh Filipina

Unggas ini merupakan jenis unggas yang memiliki keseimbangan yg baik, dimana ia memiliki tubuh dengan postur yang baik dengan gerakan yg lincah dan juga gesit. Dimana hal tersebut merupakan salah satu faktor dimana ia memiliki kecepatan dalam bertahan dan mengelak.

  • Bentuk Tulang

Secara umum, ayam filipina memiliki tulang paha yang berbentuk bulat. Akan tetapi jika kalian mencari ayam filipina dengan kualitas petarung terbaik, carilah unggas dengan tulang paha yg sedikit melebar. Setelah itu Unggas ini memiliki kaki dengan sisik yang terlihat kering dan juga mengkilap.

Cara Merawat Petarung Filipina

Seperti pada semua unggas petarung yang baik. Semua unggas memerlukan perawatan dan pelatihan yg baik. Dimana hal tersebut berfungsi agar ayam memiliki kesehatan yang baik dan juga memiliki otot dan mental yg kuat.

Perawatan Filipina Umur 1 hingga 7 Bulan

Untuk masa ini, petarung filipina, harus memiliki kandang dengan jenis umbaran yang tertutup atapnya. Akan tetapi unggas masih bisa mendapatkan vitamin dari cahaya matahari dan memiliki srikulasi udara yg bersih dan lancar.

Hal ini bertujuan agar unggas dapat bergerak dengan besar dan agar unggas tidak mengalami stress. Setelah itu, perhatikan pakan ayam yang di berikan, dimana kalian harus memberikan pakan yg kaya akan kandungan protein dan juga karbohidrat.

Dimana pada umur itu, unggas akan berkembang dengan memiliki organ dalam yang baik, dan otot yg kuat. Oleh karena itu jangan lupa juga kalian berikan vitamin dan juga vaksin agar tidak mudah terjangkit penyakit mematikan.

Perawatan Filipna Umur 7 Bulan Keatas

Pada masa ini ayam filipina dapat di latih sebagai petarung handal. Karena pada masa ini, semua bagian tubuh yang ada pada unggas telah tumbuh sempurna.

Baca juga : Cara Merawat Ayam Bangkok