Penyakit Jamur Ayam Petarung

Posted on

Penyakit Jamur Ayam PetarungPenyakit Jamur Ayam Petarung Sabung

Penyakit Jamur Ayam Petarung merupakan penyakit – penyakit yang sering di sebabkan oleh fungsi yang menempel pada ayam maupun kandang.

Dan berikut ini adalah beberapa penyakit yang di sebabkan oleh jamur pada ayam petarung.

Penyakit Ayam Karena Jamur

Penyakit Aspergillosis

Merupakan penyakit yang di sebabkan oleh jamur. Penyakit ini dapat menyerang manusia dan juga hewan seperti sabung ayam petarung. Dan pada unggas petarung akan merusak sistem pernapasan pada ayam.

Gejala – gejala yang dapat dilihat dari penyakit ini adalah unggas petarung tidak suka makan seperti biasanya. Selain itu ayam ini akan terlihat mengantuk, dan sering membuka mulutnya karena gangguan pernafasan.

Bahkan jika di biarkan saja, penyakit ini akan membuat ayam menjadi kejang kejang. Jika jamur tersebut sudah mempengaruhi fungsi otak, ayam akank menjadi lumpuh dan juga memiliki gangguan syaraf lainnya.

Jika jamur ini menginfeksi pada mata unggas petarung. Maka ia akan mengalami kebutaan yang terjadi pada satu mata saja. Dan gejala lainnya adalah ayam mengalami masa pertumbuhan yang sangat lambat.

Untuk jamur ini belum ada pencegahan yang bisa di lakukan. Oleh karena itu ayam yang mengidap jamur ini harus di isolasi, dan harus di berikan pakan yang mengandung supelemen vitamin dan juga nutrisi yang baik.

Selain itu, penyakit yang di sebabkan oleh jamur ini belum memiliki obat yang efektif dan juga murah.

Penyakit Candidiasis

Penyakit ini disebabkan oleh mikal seperti candida. Jamur ini di kenal dan di pelajari semenjak abat ke delapan belas. Penyakit ini juga di sebabkan oleh kurang bersihnya kandang maupun lingkungan tempat tinggal ayam.

Jamur Candida bisa hidup dan menempel pada ayam tanpa memiliki gejala yang mudah terlihat, baik itu menempel pada unggas petarung maupun pada manusia.

Gejala – gejala yang dapat di lihat secara langsung untuk saat ini tidak ada. Akan tetapi unggas petarung yang mengidap penyakit ini akan memiliki pertumbuhan yang lambat, dan juga bulunya suka berdiri, selain itu efek lain dari penyakit ini adalah mengalami diare.

Untuk mencegah penyakit jamur ini, kaliani harus membersihkan kandang dan juga lingkungan yang tidak bersih. Dimana jika terdapat ayam yang telah terjangkit penykit jamur ini, kalian bisa berikan antibiotik dan juga senyawa coccidiostat.

Penyakit Ringworm

Penyakit pada kulit ayam yang di sebabkan oleh jamur. Dan untuk gejala – gejalanya bisa di lihat pada kulit unggas petarung yang memiliki bercak putih dengan ukuran kecil pada bagian jengger.

Terutama dari bagian kepala yang tidak berbulu. Dan penyakit jamur tersebut bisa di lihat pada bercak putih yang akan terus melebar keseluruh bagian ayam.

Untuk mencegah penyakit ini, kalian harus menjaga kebersihan dari kulit ayam.Yang bisa di lakukan dengan memandikannya secara teratur menggunakan air bersih.

Untuk penyakit jamur ini, akan dapat hilang dengan sendiri. Dan untuk pengobatan pada ayam yang telah mengidap penyakit jamur ini adalah dengan mengoles obat pada bagian mulut dan juga kulit yang terkena.

Dimana obat oles yang di pakai harus memiliki kandungan lemak, iodium sulfa, atau asam salisilat.

Penyakit Ayam Karena Parasit

Penyakit Ascariasis Pada Ayam Petarung

Merupakan penyakit yang di sebabkan oleh cacing Ascaridia Galli. Dimana parasit ini bisa di temukan pada bagian usus di dalam ayam.

Penyakit ini sering terjangkit pada ayam yang di manfaat sebagai petelur, pedaging, maupun ayam buras. Dimana parait ini akan lebih mudah menular kepada ayam yang di pelihara secara bebas.

Selain itu, jika ada ayam yang mengidap parasit ini, ia kalian akan dapat melihat gejala – gejala sebagai berikut :

  • Untuk ayam yang mengalami parasit ini akan mengalami diare berlendir.
  • Selaput lendir akan terlihat pucat.
  • Pertumbuhan pada ayam petarung akan terasa lambat.
  • Lama – kelamaan ayam dengan parasit ini akan mengalami kekurusan, dan sebagainya.

Penyakit Cacing Mata

Penyakit ini di sebabkan oleh parasit yang berupa sebagai cacing O. Mansoni. DImana parasit ini akan memiliki panjang hingga 18mm.

Cacing ini sering di temukan di bawah kelopak mata. Dimana parasit ini akan menginfesti ayam aduan yang berada di bagian mata.

Gejala – gejala yang dapat di timbulkan oleh parasit ini mengalami peradangan pada bagian mata, dan mengganggu pengelihatan pada ayam. Dan mata akan terlihat memiliki lendir yang cukup tebal.

Untuk mencegah parasit ini muncul pada mata ayam petarung kita, maka kalian harus perhatikan kebersihan pada kandang ayam. Dimana anda harus mengawasi lingkungan sekitar yang kotor serta berikan vaksin kepada ayam secara teratur.

Pengobatan pada ayam yang terserang parasit pada bagian matanya adalah diberikat dengan obat yang bersifat coccidiostat.  Walaupun obat ini tidak bisa memusnahkan semua parasit, obat ini akan mampu menekan jumlah dari parasit agar tidak mengalami kerusakan pada ayam yang cukup serius.

Penyakit Gurem

Merupakan penyakit yang di sebabkan oleh parasit yang berukuran kecil dan susah untuk di musnahkan.  Gurem merupakank parasit yang akan menyedot darahnya dan suka hidup berkelompok.

Untuk ayam yang terkena penyakit ini bisa menyebabakan ayam susah tidur, terlihat gelisah, stress, dan juga lesu akibat kurangnya darah yang dibutuhkan.

Untuk pengobatannya, bisa di lakukankd engan menggunakan belerang dan juga air sabung. Dimana kalian dapat mandikan ayam menggunakan campuran air tersebut.

Baca juga : Ayam Aduan Asli Peru