Penyakit Snot Ayam Aduan

Posted on

Penyakit Snot Ayam AduanGejala Penyakit Snot Ayam Aduan

Penyakit Snot Ayam Aduan adalah penyakit yang di derita oleh ayam. Dan jika di biarkan, penyakit ini akan menyebabkan kematian dan merugikan.

Untuk kamu yang satu hari berminat sebagai pembudidaya ayam juga merawat sabung ayam secara langsung pasti suatu hal maupun menjadi hobi yang mengasyikkan. Karena bisa melihat secara langsung pertumbuhan juga kesehatannya.

Tetapi tiap pemeliharaan ayam pasti terdapat permasalahan juga tidak bisa jadi terus menerus berjalan mudah tanpa terdapat hambatan. Salah satu penyakit yang meresahkan pembudidaya ayam yaitu penyakit snot pada ayam.

Adalah penyakit yang terjadi Karena permasalahan kebersihan area juga bisa meluas dengan cepat ke ayam lain di kandang ataupun lingkungan yang sama.

Tanda Penyakit Snot di Unggas

Harus di ketahui bagaimana gejalanya juga apa saja yang wajib berikan untuk mengobati juga menanganinya. Dalam peluang kali ini kami akan membahas secara lengkap juga terperinci mengenai 10 Tanda penyakit snot pada ayam juga cara menanggulangi seperti panduan untuk kamu juga sebagai pengetahuan yang berguna.

1. Gampang Mengantuk

Tanda penyakit snot pada ayam aduan yang Adalah tahap awal masuknya virus yaitu ayam aduan jadi gampang mengantuk. ayam aduan yang biasanya Sering beraktifits di pagi hari jadi Sering terdiam juga tertidur sementara itu terletak di dekat ayam lain yang aktif.

Harus disadari juga perhatikan mulai dari keadaan yang seperti. Hal ini dapat ditangani dengan cara meletakkan ayam di tempat khusus yang jauh dari ayam lain agar tidak menularkan virus.

2. Sering Menganggukkan Kepala

Ayam juga Sering mengangguk anggukkan kepala seperti mematuk seperti ada pakan ataupun hal lain di bawahnyayang menyerupai makanan. Keadaan tersebut terjadi Karena virus penyakit snot sudah menyerang saluran pernafasannya sehingga dia merasa tidak nyaman pada tenggorokannya. Letakkan di tempat yang bersih juga jauh dari tempat yang lembab, karena virus ini bisa tumbuh pesat di area yang kotor.

3. Mata Basah juga Bengkak

Tanda pasti dari penyakit snot pada ayam yaitu mataya basah Karena keluar cairan seperti lendir kental juga keluar terus menerus sehingga mata ayam terlihat bengkak juga susah terbuka. keadaan ini akan membuat ayam aduan jadi malas bergerak Karena susah melihat. Pemilik wajib berikan vaksin juga obat yang sudah dikonsultasikan dengan dokter hewan yang ahli. Bersihkan mata ayam karena bila lendir mengering akan membuat ayam sulit membuka mata Karena lendir tersebut memiliki sifat lengket seperti lem.

4. Keluar Cairan dari Hidung

Tidak hanya dari mata, cairan kental juga keluar dari hidung juga menimbulkan ayam aduan jadi Sering menunduk ke bawah untuk mengeluarkan cairan tersebut dari hidungnya.

Obati juga dengan cara Sering membersihkan hidungnya agar nafasnya tidak sesak juga lendir tidak kering juga menutup aksesnya untuk bernafas.

5. Nafsu Makan Menurun

Ayam akan kesusahan juga tidak ingin makan saat hadapi salah satu gejala penyakit snot pada ayam aduan ini. Sehingga tubuhnya lemas juga terus menerus berdiam diri.

Tetapi seperti Pemilik pasti selalu mengusahakan juga membantunya agar sembuh, triknya yaitu dengan memberinya dorongan untuk dapat makan dengan cara memberikan pakan yang sedikit cair juga menyuapinya. Jalani terus di tiap jam makan agar tubuhnya selalu mempunyai nutrisi juga kekuatan.

6. Flu

Flu yaitu penyakit yang terkadang terjadi pada ayam tanpa diiringi Tanda penyakit snot sehingga Pemilik mengira ayam terserang flu biasa juga diberikan penyembuhan seperti flu pada umumnya. Dan flu yang juga diiringi dengan Sering mengantuk dan lendir yang jauh lebih kental dari flu biasa harus perhatikan karena hal tersebut merupakan Tanda yang menunjukan ayam aduan terkena penyakit snot.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, ayam aduan yang flu juga merupakan Tanda lanjutan dari penyakit snot, ayam jadi terlihat tidak nyaman dengan tubuhnya juga apapun yang terdapat di dekatnya. Obati dengan cara memberikan antibiotik juga multivitamin untuk tingkatkan daya tahan tubuhnya. Letakkan kandangnya di tempat dengan peredaran udara yang lancar agar nafasnya tidak sesak.

7. Tidak Ingin Beraktifitas

Tanda penyakit snot pada ayam aduan yang Adalah akibat dari menyebarnya virus yaitu ayam jadi lemas juga tidak ingin berjalan – jalan. Tangani hal tersebut dengan selalu memenuhi kebutuhan pakan juga minumnya, jangan sampai dia kehilangan cairan tubuh. Dan taruh ayam tersebut ke kandang tersendiri dari ayam lain dan pantau terus bila terjadi masalah lainnya.

8. Tubuh Demam

Badan ayam aduan yang diraba akan terasa demam juga kulit lebih layu seperti kulit yang kering saat virus penyakit snot sudah menyebar ke seluruh badan ayam. Bulu bulunya juga lemas juga bulunya sedikit rontok.

9. Suara Lemah

penyakit snot pada ayam membuat ayam tidak mempunyai kekuatan untuk mengeluarkan suara. Saat sedang menyentuhnya untuk memberikan makan, dia akan mengeluarkan suara yang lemah juga pelan. Keadaan ini terjadi Karena penyakit snot sudah mengeluarkan peradangan yang menyebar di saluran pernafasannya. Cepat berikan obat khusus dengan formula dokter hewan.

10. Napas Sesak

Lendir kental yang berada pada kerongkongan ayam akan membuat ayam sulit bernafas. Cara ini akan memunculkan rasa sakit juga sesak yang sangat tidak nyaman pada ayam, dia tidak sanggup bernafas dengan leluasa.

Tanda ini Adalah tahap paling tinggi dari penyakit snot. Jika gejala tersebut telah di alami oleh ayam aduan kita. Maka hal tersebut adalah gejala yang dapat di lihat bahwa penyakit tersebut telah menular pada ayam aduan kita.

Baca juga : Penyakit Jamur Ayam Petarung